Kamis, 01 Mei 2014

Home » » Hari Buruh Nasional

Hari Buruh Nasional

Setiap tanggal 1 Mei, di Indonesia diperingati Hari Buruh Nasional, harinya kaum pekerja di seluruh penjuru negeri ini. Nah, pada tanggal 1 Mei 2014, para pekerja di Indonesia akan bersama-sama memperingati Hari Buruh Nasional Sedunia. Inilah salah satu moment besar bagi kaum buruh di tanah air untuk memperjuangkan hak-haknya demi perbaikan nasib kaum pekerja di Indonesia.

Tanggal 1 Mei juga menjadi hari akbar untuk kaum pekerja di seluruh penjuru dunia dan diperingati sebagai Hari Buruh Internasional Sedunia atau May Day. Peringatan hari buruh dimaksudkan sebagai upaya perjuangan sekaligus perayaan keberhasilan ekonomi para pekerja di seluruh dunia.

Di tanah air, peringatan hari buruh sebenarnya sudah dilakukan sejak jauh sebelum Indonesia merdeka. Tahun 1920, di mana saat itu wilayah Indonesia masih berada di dalam kekuasaan pemerintah kolonial Hindia Belanda, sejumlah aktivis pergerakan telah mulai merayakan hari buruh kendati di bawah pengawasan ketat aparat kolonial.

Akan tetapi, sejak era Orde Baru, peringatan hari buruh di Indonesia tidak boleh dilakukan. Pasalnya, gerakan kaum buruh oleh rezim Soeharto kerap diidentikkan dengan paham komunis yang sangat terlarang pada masa itu. Baru setelah kekuasaan Orde Baru runtuh pada 1998, kaum pekerja di Indonesia kembali boleh merayakan Hari Buruh Nasional hingga saat ini. 
 
Penetapan hari buruh menjadi hari libur nasional ini pun dikuatkan dengan kepres no 24 tahun 2013 pada akhir Juli lalu. Dalam akun Twitternya @SBYudhoyono , Presiden mengatakan telah menandatangi Peraturan Presiden pada Senin (29/7) yang mengesahkan 1 Mei sebagai hari libur Nasional. “Hari ini (Senin 29/7) saya tetapkan 1 Mei sebagai hari libur Nasional dan dituangkan dalam Peraturan Presiden,” kata Presiden dalam tweet-nya. Saat mengunjungi sejumlah pabrik di Surabaya pada 1 Mei 2013 Presiden mengatakan telah memutuskan untuk menetapkan tanggal tersebut sebagai hari libur Nasional sehingga baik perusahaan maupun para buruh bisa memperingati Hari Buruh Internasional.

Saban tanggal 1 Mei inilah jutaan orang di tanah air merayakan Hari Buruh Nasional dengan menggelar berbagai macam aksi sebagai bentuk perjuangan demi perbaikan nasib kaum pekerja di Indonesia. 
 
 
Selamat Hari Buruh Nasional!
 
 
 
 
 

Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Hari Buruh Nasional ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Kamis, 01 Mei 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites