Jumat, 23 Januari 2015

Home » , , » Kamal: Tempat Hidupku Berlabuh

Kamal: Tempat Hidupku Berlabuh

Tidak terasa sudah genab satu tahun saya berada di kepulauan Madura, tepatnya di kota Kamal yang merupakan nama kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bangkalan.

Sebelum berdirinya jembatan Suramadu, Kamal merupakan satu-satunya akses jalur keluar masuknya arus kendaraan atau orang-orang dari Madura-Surabaya dan begitu juga sebaliknya. Sehingga pada saat itu Kamal merupakan kota kecamatan yang cukup ramai, aktivitas transportasi dan perdagangan di Kamal cukup baik.

Pelabuhan penyeberangan Kamal Madura merupakan pelabuhan angkutan penyeberangan antar pulau yang menghubungkan pulau Madura dan pulau Jawa. Dan merupakan pintu utama keluar masuk pulau madura yang sudah ada sejak zaman belanda yaitu Pada tahun 1913.

Namun pasca berdirinya jembatan Suramadu pada tahun 2009, berdampak pada penurunan fungsi pelabuhan yang memiliki efek domino terhadap penurunan vitalitas kawasan dan itu terlihat dari menurunnya aktivitas penyeberangan. Kamal menjadi kota kecamatan yang merana karena dimadu oleh jembatan Suramadu...



Saya berada di Kamal bukan dibuang oleh keluarga..jiaahahaa, tetapi dikarenakan tuntutan hidup dan harus menjadi seorang kuli yang tegar untuk mendapatkan sesuap nasi yang 1000 % halal, memang tidak mudah tetapi itulah hidup yang harus di jalani. 

Sebenarnya tidak miris-miris banget sih (sambil mata berkaca-kaca), kan masih di negara sendiri...hehehe. Semua ini tetap saya jalani dengan positive thinking, saya anggap ini sebagai pengalaman hidup yang sangat berharga bagi diri saya walaupun jauh dari istri dan anak-anak. Katanya orang-orang tua jaman dulu bahwa "Pengalaman hidup adalah Guru yang paling semprul-na" betul tidak..??? Jadi tetap semangat mas bro...!! Heheheeee.

Kamal sama seperti kota yang lainnya, sebagian besar penduduknya adalah manusia...!!! (menurut survei cak lontong). Penduduknya memiliki aktivitas yang cukup beragam didalam kesehariannya. Ya... salah satunya adalah saya yang memiliki aktivitas sebagai seorang kuli perantauan yang berlabuh hidupnya di Kamal dengan harapan dapat mengubah nasib lebih baik dari sebelumnya.

Anda ingin tahu lebih banyak tentang Kamal? cobalah traveling jika ada waktu, saya yakin anda akan merasa betah berkunjung dikarenakan penduduk lokalnya yang ramah dan sangat welcome. Berhubung sudah tengat waktu, kita sambung lain kali ya mas bro...



Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Kamal: Tempat Hidupku Berlabuh ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Jumat, 23 Januari 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites