Selasa, 22 Februari 2011

Home » » Pilihan Traveling Di Bali

Pilihan Traveling Di Bali




Tirta Gangga --- Eastern Of Bali



Tirtagangga...objek wisata satu ini ada di ujung timur pulau Bali. Sebuah taman air / water palace dimana didalamnya terdapat salah satu Puri peninggalan zaman kerajaan dulu. Asal usulnya adalah sebagai berikut : Tirtagangga dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Taman air / water palace ini dikonstruksi dalam arsitektur yang sangat unik dengan gaya Bali dan Cina. 


Tirtagangga bila dinikmati menjelang malam


Indah bukan? Iya dong ciptaan Tuhan pasti sangat indah, apalagi memang taman ini dirawat oleh masyarakat sekitar. Oiya Tirtagangga terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang-sekitar 83 km dari Denpasar dan 6 km dari Amlapura ke utara.

Tirtagangga terletang pada daerah 1,2 hektar yang terdiri atas tiga kompleks. Kompleks pertama yakni pada bagian paling bawah dapat ditemukan dua kolam teratati dan air mancur. Kompleks kedua adalah bagian tengah dimana dapat ditemukan kolam renang; sementara, pada bagian ketiga, yakni kompleks ketiga, kita dapat menemukan tempat peristirahatan raja.

Sebelum konstruksi Tirtagangga, terdapat sumber mata air besar di daerah ini; sehingga masyarakat setempat menyebut daerah ini "embukan" yang artinya mata air.

Mata air itu kemudian difungsikan untuk memenuhi kebutuhan penduduk akan air dan juga sebagai "pemurnian" dari para Dewa. Untuk tujuan ini, mata air ini dianggap suci dan sacral.

Aspek religius dalam mengkonstruksi Tirtaganga untuk rumah istirahat raja dan juga untuk fungsi umum layak untuk disaksikan.


Sampai disini dulu ya artikel travelingnya. Semoga bermanfaat.
 




Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Pilihan Traveling Di Bali ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Selasa, 22 Februari 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites