Jumat, 22 April 2011

Home » , , » Green School Bali

Green School Bali


Inilah Green School dari Bali Yang Terkenal Di Dunia Karena Ramah Lingkungan












Selama pembangunannya, hanya bambu, rumput gajah dan tanah liat yang dipergunakan. Semen digunakan hanya di beberapa tempat di yayasan. Pusat dan bangunan yang paling penting adalah "jantung sekolah." Ini mungkin merupakan gedung terbesar di dunia yang dibangun sepenuhnya dari bambu.

Dengan tinggi 18 meter dan luas 64 meter, area sekolahnya mencakup berbagai struktur: gedung apartemen, ruang kelas, gedung kantor, dan kafe. Sekolah ini mendapatkan listrik dari sumber ramah lingkungan: generator turbin air dan panel surya . Terobosan untuk meminimalisir pencemaran dunia yang patut diacungi jempol ...

Selamat datang di Green School Bali, Indonesia. Sebuah bangunan sekolah yang akan memberikan pendidikan tentang lingkungan hidup yang menakjubkan dengan metode pendidikan berbasis holistik.

















Referensi Lain:

Indonesia yang masuk dalam jajaran Negara paling berpolusi no 3 sedunia, setidaknya boleh berbangga hati. Di tengah – tengah mirisnya pendidikan di negeri ini, sebuah inovasi baru di bidang pendidikan Indonesia hadir di Bali, jantung pariwisata negeri kita.

Green School – Kul- Kul Campus. Yang terletak di desa Sibang Kaja, 30 km daei pusat kota Denpasar. Sebuah sekolah unik yang digagas oleh John Hardy, seorang desainer dan pengusaha jewelry yang sukses.

Sekolah unik nan ajaib ini merupakan satu – satu-nya sekolah di dunia yang bangunannya terbuat dari batang bamboo yang ramah lingkungan. Pendingin udaranya tidak lagi memakai Ac, melainkan kincir angin melalui terowongan bawah tanah. Tenaga listiknya menggunakan bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan untuk menyalakan kompor. Tambak udang tempat budidaya, sekaligus peternakan sapi. Ditambah lagi arena olahraga, laboratorium, perpustakaan, dll.


















Kemudian yang takalah uniknya adalah jembatan bamboo yang membentang di tengah – tengah sekolah, yang dibawahnya mengalir sungai Ayung. Benar – benar alam ??? Yup… memang itulah salah satu visi dan juga kelebihan sekolah ini… INTERAKSI DENGAN ALAM…

Para murid diajarkan untuk dekat dengan alam, mulai dari cara menanam padi, memproduksi coklat sendiri. Semua itu tak lepas dari harapan agar murid – murid mereka mengerti tentang berbagai hal dalam kehidupan, dan mampu menjadi pemimpin di dunia yang selalu berubah dan menantang ini.

Pendeknya, mereka-para pelajar-akan tahu segala hal dari organic gardening hingga mendesain website, dari menjalankan bisnis kecil hingga menekan emisi karbon, menjadi orang yang membanggakan dan dapat dipercaya mengelola kehidupan dengan lebih baik, di tengah krisis bumi ini.

Harganya ?? jangan ditanya… . Orang tua yang mampu menyiapkan uang untuk registrasi $ 500, Uang bangunan tahunan $ 950 dan buat grade I-VI uang sekolahnya setahun $ 7.950 adalah syarat untuk menyekolahkan anaknya di Green School Bali, tidaklah heran bila murid – muridnya sendiri lebih banyak terdiri dari kaum ekspatriat dan orang asing

Meski begitu, Green School menyediakan beasiswa pendidikan, maklum… sekolah ini baru berdiri 2 bulan lalu.

Di sisi yang lain seharusnya keberadaan Green School menginspirasi pemerintah dan swasta membuat sekolah yang mirip namun lebih affordable dalam biaya.

Bukan apa, sebagai anak negeri, miris rasanya melihat anak – anak bule yang terkenal bersih itu mau bermain – main dengan lumpur dan duduk lesehan di atas tikar, kemudian mampu bercocok tanam, menanam padi, dan membudidayakan udang. Sedangkan kita ? masuk ke lumpur saja mungkin tidak pernah, apalagi menanam padi ? padahal bercocok tanam merupakan identitas bangsa kita sebagai negara agraris.

Andaikata sekolah di negeri ini seperti Green School, mungkin tidak akan ada lagi yang namanya illegal logging, dan pembabatan hutan secara liar, karena sejak kecil mereka telah diajarkan bagaimana cara mencintai alam.
source: http://danish56.blogspot.com


Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Green School Bali ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Jumat, 22 April 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

11 komentar:

wow..green school.best2 nak belajar pon jadi bersemangat,!sesuai untuk pncinta alam sekitar

waaa....cantik dan unik....bila la dpt pegi...hehehe..

nyaman jeq..kalau belajar kt situ

@fadh leyanie
Tempatnya memang best, jauh dari keramaian dan terletak di perdesaan dan ditengah sawah :10 semua serba alami. Thanks comment dan supportnya :12

@Dunia Kita Berbeza
Bali kan dekat dengan Malaysia, datanglah berkunjung kalo ada waktu nanti :12. Thanks atas comment & supportnya :10

@dean
Go Green & back to nature.....:13 :10. Thanks comment & suppornya, jangan segan2 datang lagi berkunjung.

wah terkenl juga Green School. rumah saya deket dari sana BLI.. hehe. jadi sering liat Bule berkeliaran,
salam Bloging WIth ME

@cayun
Mantap dong Mas Bro :10 saya sudah dua kali ngeliat waktu sekolah itu masih dibangun. Salam kenal ya :13 keep in touch & happy blogging

aduhhhhhh...jadi iri banget nich ngeliatnya...
kapan ya bisa meliat dari dekat.........(sambil menghitung hari)

satu lagi..kelupaan nich bli made....ijin copas artikelnya ya..mau tak masukin blog sekolahku nich sapa tau ada yg tertarik tuk ngajak daku kesana.....

@sdnkalisari05pagi
Terimakasih Mas Bro atas kunjungannya, silahkan di copas Mas Bro :) untuk berbagi informasi yang Anda perlukan :10. Semoga impian dan keinginan Anda segera terlaksana ya.

Posting Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites