Kamis, 17 Mei 2012

Home » » Nasi Jinggo Simpangan Jimbaran

Nasi Jinggo Simpangan Jimbaran

Laper malem-malem di Bali, kemana ya? Yang ngenyangin tapi bukan burger atau junk food, bisa nongkrong bebas,lama,yang jelas murah, sambil nikmatin juga suasana kota Denpasar atau belahan kota lainnya di Bali, di waktu malam. Favorite kami adalah sebuah nasi dibungkus daun pisang yang membuat nasinya jadi harum, dengan sedikit lauk pauk ala kadarnya, dan ada sambel pedesnya. Kalo di Yogya orang kenal Nasi Kucing, atau Nasi Koboi di Solo disebut Nasi Bandeng, nah kalo di Bali orang nyebutnya : Nasi Jinggo. Lucu juga namanya ya (Jinggo! Jinggo Jinggo! HUGGHHH!).


Nasi Jinggo itu buat sebagian besar orang udah jadi salah satu ikon kuliner Bali. Duduk, lesehan, di kursi plastik, atau di dalem mobil sendiri boleh.Di Jl. Thamrin, Denpasar, sebelah bioskop Wisata 21 itu salah satu tempat Nasi Jinggo yang rame sekali pas malam hari, dan rasanya juga pas tidak berminyak bikin eneg, nasinya pulen, gurih deh. Menu utama lain yang disukai orang disini adalah Telor rebus setengah matang. Enak banget, karena mereka buatnya sangat pas, nggak kekerasan, nggak kelembekan, PASSS…



Saya sangat rekomen Nasi Jinggo di Jimbaran, dekat rumah saya, yang rasanya pas, istimewa, dan favorit warga Jimbaran, Ungasan, dan buat yang mau jalan pulang ke daerah Uluwatu. Nasi Jinggo Simpangan Pak Alit dan Bu Kasih. Beliau mulai buka usaha tahun 2002 di Jalan Uluwatu waktu itu suaminya masih kerja antar tamu alias guide lepas..sampai akhirnya berhenti karena sibuk bantu istri siapin jinggonya..Ibu Kasihlah yang punya ide kerja buat Nasi Jinggo ini karena dia pingin kerja di rumah sambil tunggu anak. Tahun 2002 ini cuma beliau sendiri yang bikin Nasi Jinggo di daerah Jl. Uluwatu, Jimbaran ini. Dalam sehari beliau bisa buat sampai 300 bungkus, 200 bungkus waktu buka jam 7 malam, terus jam 9 dikeluarin 100 bungkus lagi.. Kalau musim liburan dan menjelang Hari Raya Nyepi, pas malam Pengerupukan dan nonton parade Ogoh Ogoh, karena banyak orang begadang terus nyari makan malam hari dan cari telur setengah matang, bisa lebih banyak lagi.



Yang membedakan Nasi Jinggo Simpangan Pak Alit dengan yang lain adalah : Nasi dan ayam suirnya sangat empuk, gurih karena beliau buat sendiri semua bahan isi lauknya. Kalau beberapa penjual lain, mereka beli ayam goreng udah jadi, biar cepet disuir dan dimasukkin ke Nasi Jinggo ini. Udah keras, dingin, nggak enak pula. Harga Pak Alit malah lebih murah dikit dari penjual lain!





Pak Alit dan Ibu Kasih juga menerima pesanan Nasi Jinggo untuk acara-acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, selametan rumah dan lain-lain. Saya ingat waktu masih kerja di wedding & event di Seminyak, tamu orang asingnya minta menu Nasi Jinggo ada untuk Recovery Brunch, atau hari ngumpul-ngumpul keluarga dan kerabat dekat satu hari setelah pesta pernikahan yang semalam suntuk. Pak Alit juga jual Telur setengah matang dengan harga hanya 2000 perak aja, ada kerupuk dan rempeyek untuk pelengkap makan Si Mr Jinggo ini. Mantab!





Nasi Jinggo Simpangan Pak Alit & Bu Kasih
Banjar Simpangan Jl Uluwatu 109,
Bukit Jimbaran
HP: 0813 3965 0213
Buka dari jam 7 malam – 1 pagi
Source: WisataKulinerBali.com


Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Nasi Jinggo Simpangan Jimbaran ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Kamis, 17 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites