Rabu, 06 Juni 2012

Home » » Menenangkan Anak Dengan Pelukan

Menenangkan Anak Dengan Pelukan

Jangan anggap sepele sebuah pelukan, karena pelukan ternyata memiliki peran serta dalam meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini diungkapkan Kepala Sub Bidang Pemeliharaan dan Peningkatan Intelegensia Anak, dr. Gunawan Bambang Dwiyanto.

Dia menjelaskan, sebuah pelukan dapat merangsang hormon oksitosin yang mampu memberikan perasaan tenang pada seseorang dan dapat mengurangi racun dari zat derifat glutomat di otak.

Zat ini terpicu saat seseorang mengalami stress yang meyebabkan andrenalinnya meningkat dan berujung pada penyempitan otak. Penyempitan kapasitas otak mengakibatkan individu khususnya anak-anak akan terganggu fungsi intelegensia, perilaku, dan mentalnya.

Tujuh Macam Pelukan
Agar anda bisa mempraktekkan aktivitas berpelukan menyenangkan ini, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tujuh macam pelukan seperti diungkapkan Jovita Marie Ferliana MPsi, staf pengajar Fakultas Psikologi Ukrida.

Butterfly Kisses
Adalah berpelukan ala orang Eskimo dilakukan orang tua bersama anak. Mereka berpelukan kemudian menggesek-gesekkan hidung bersama.

Bear Hug
Adalah pelukan dengan merengkuh seluruh tubuh dengan satu tangan di pinggang dan satu tangan di bahu. Bertujuan memberikan rasa nyaman, disayang dan bisa diberikan pada saat anak sedang sakit, sedih atau takut.

Chick Hug
Adalah memeluk sikecil dengan kedua tangan ibu kemudian satu pipi ibu menempel di pipi si kecil. Bertujuan membangkitkan rasa bahagia atau senang.

Sandwich Hug
Adalah pelikan cepat dengan posisi sambil duduk dengan mata menatap kemudian berpelukan. Bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman terutama jika si kecil sedang mengalami emosi yang negatif.

Peluk Tepuk-tepuk
Adalah pelukan tepuk sebelah tangan ibu dibagian punggung si kecil posisi kepala si kecil bersandar di bahu ibu. Bertujuan menenangkannya saat ia sedang menangis atau sedih.

Pelukan Dada
Adalah pelukan dengan saling menatap dan lengan saling memeluk pundak. Bertujuan memberitahukan bahwa ibu bahagia atas kesuksesan si kecil.

Pelukan Rindu
Adalah pelukan kangen keluarga besar seperti nenek, kakaek, paman atau bibi yang sudah lama sekali tak bertemu. Bertujuan memberikan kehangatan dan kebahagiaan di tengah keluarga besar.










Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Menenangkan Anak Dengan Pelukan ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Rabu, 06 Juni 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites