Senin, 26 Januari 2015

Home » , , » Hindari Pola Diet Seperti Ini...!

Hindari Pola Diet Seperti Ini...!

Memiliki badan yang ideal adalah idaman semua orang. Sayangnya banyak orang yang selalu ingin mendapatkan hasil tubuh yang proposional dengan cara yang instan bahkan dengan cara yang salah dan tidak bertahan lama. Hal ini sering terjadi, karena banyak orang yang menyalah artikan kata diet.

Pengertian diet sebenarnya adalah pengaturan pola makan dan asupan nutrisi. Bentuk diet sehat diwujudkan dengan perubahan perilaku konsumsi makanan dan aktivitas ke arah yang lebih sehat dibanding sebelumnya.

"Contoh diet sehat seperti mengonsumsi makanan rendah kalori, rendah lemak dan mengubah diri menjadi aktif. Jadi diet itu bukan berarti tidak makan selama seharian, tapi kuncinya kita harus dengan tepat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan tepat brdasarkan kebutuhan kalori harian.
  • Dalam pekembangannya, diet dalam konteks upaya mengatur asupan nutrisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:Menurunkan berat (massa) badan misalnya bagi model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.
  • Meningkatkan berat (massa) badan misalnya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.
  • Pantang terhadap makanan tertentu misalnya bagi penderita diabetes (rendah karbohidrat dan gula).
Yang menjadi masalah adalah cara diet yang dilakukan. Ada yang melakukan diet sesuai dengan saran dokter ada pula yang melakukan diet sembarangan bahkan sedikit ekstrem hanya untuk mendapatkan tubuh yang indah. Akibatnya, bukan tubuh yang indah yang didapat melainkan penyakit yang berdatangan.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa banyak diet tidak berhasil. Bahkan menurut dr Viena Vicktoria Mengko, banyak orang yang sering terjebak dengan diet tipe yo-yo. Definisi diet yo-yo adalah ketika berat badan cepat turun, tapi cepat juga naiknnya. Hal ini terjadi karena banyak diet yang hanya membuat tubuh merasa lapar.

"Pada saat kelaparan tubuh berusaha untuk menyimpan lemak. Pembakaran kalori, jaringan otot tanpa lemak akan digunakan sebagai bahan bakar, sementara lemak yang tidak diinginkan tetap ada karena tubuh menyimpannya untuk persiapan jika anda mengalami kelaparan. Sebagai dampaknya, anda menyimpan lemak dan mengorbankan otot anda sendiri sebagai makanan sementera.

Metabolisme anda menurun dan kadar gula menurun drastis, membuat anda tidak berenergi dan sukar berkonsentrasi. Bahkan ketika anda sudah bisa menurunkan sedikit berat badan dengan diet seperti itu, anda dengan cepat mengalami kenaikan berat badan sewaktu mulai makan normal lagi. Hal ini karena tingkat metabolisme anda yang menurun dan tindakan melaparkan diri itu terasa tanpa tujuan. Dewasa ini banyak skali yang sering terjebak dengan diet tipe yo-yo.

Berikut ini tips-tips cara diet yang sehat dan efektif 
 
1. Makanlah Makanan yang Seimbang.
Menyantap makanan seimbang; karbohidrat, protein dan banyak sayur serta buah akan mempercepat penuruan berat badan dan memperbaiki kesehatan. Cobalah menyantap lima porsi buah- buahan dan sayuran (450 g) setiap hari. Menyantap buah- buahan dan sayur melindungi dari beberap jenis kanker, penyakit jantung, dan jaga diabetes tipe 2. Lalu, kentang, ubi, singkong, dan gandum termasuk makanan mengandung karbohidrat dan dianggap baik untuk disantap sebanyak lima kali atau lebih dalam sehari dengan porsi kecil.

2. Makanlah Perlahan.
Apapun yang anda makan, makanlah secara perlahan dan nikmati setiap suapan. Otak memerlukan waktu sejenak untuk membuat anda merasa kenyang, kira-kira 20 menit. Tunggu hingga otak menangkap sinyal dari perut anda, maka anda akan mendapati bahwa anda makan lebih sedikit ketika makan di luar.

3. Sarapan.
Sarapan = membakar kalori. Satu hal yang bisa anda lakukan untuk membantu mengendalikan berat badan adalah sarapan. Ketika anda tidak sarapan di pagi hari, besar kecenderungannya untuk makan terlambat, nah pada waktu itu anda cenderung malas bergerak dan membakar kalori lebih sedikit. Tidak sarapan membuat anda kelaparan luar biasa, sehingga anda akan memilih makanan yang tidak baik, seperti fast food, muffin manis, croissant berlemak bahkan sebatang cokelat atau roti lapis daging. Pilihan sarapan yang baik: telur rebus, roti gandum, havermut/ gandum (kaya serat, melindung jantung), jeruk apel pisang, dan susu rendah lemak.

4. Minum Sesuai Takaran.
Minumlah delapan gelas air putih atau lebih. Selain Untuk menjaga agar tubuh tidak mudah dehidrasi, manfaat air juga membantu tubuh dalam menghilangkan racun, mengatur suhu tubuh, memperbaiki kondisi kulit, membantu olahraga lebih efisien.

5. Bakarlah Lemak Tubuh Anda (Olahraga).
Berjalan adalah bentuk latihan membakar lemak paling alami yang pernah ada, yang bisa membentuk setiap bagian otot sekaligus membakar kalori dalam jumlah paling tinggi.
Dengan berjalan cepat, anda dapat mengecangkan tubuh, membakar lemak, meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki fungsi jantung paru, meningkatkan energi dan sirkulasi darah.

6. Tidur yang Cukup.
Jika anda kurang tidur, anda cenderung tidak bisa menurunkan berat badan. Kurang tidur mempengaruhi hormon yang mengendalikan selera makan yang membuat anda menjadi lapar. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa, rata-rata orang yang mengalami kelebihan berat badan adalah mereka yg cenderung tidur dalam waktu yang sedikit.

"Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat proporsional dan cantik, kita hanya cukup membuat perubahan kecil tapi signifikan pada rutinitas kita. Ingatlah, selalu konsultasikan diri anda ke dokter keluarga anda sebelum memulai diet dan berolahrga, jika anda pernah mengalami keluhan jantung atau penyakit beresiko lainnya. Dengan berolahraga, otomatis membuat diet anda cerdas, sehat dan pasti berhasil. Dapatkan manfaat dengan berolahraga, anda dapat melawan kolesterol LDL yang tinggi, memperbaiki sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi resiko kanker, kulit lebih kencang dan kenyal otomatis mengurangi tanda tanda penuaan dini. Tubuh akan bereaksi dengan cepat terhadap olahraga dan gaya hidup sehat. Anda akan merasa lebih bugar dengan "bonus" bentuk tubuh yang mulai berubah langsing. Selamat diet, rasakan perubahan dengan berolahraga. 
(fionalois watania)

Selamat Mencoba,
 


Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Hindari Pola Diet Seperti Ini...! ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Senin, 26 Januari 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites