Selasa, 20 Januari 2015

Home » , , » Saran "Sinting" Bob Sadino untuk Anak Muda Agar Tetap Di Kenang

Saran "Sinting" Bob Sadino untuk Anak Muda Agar Tetap Di Kenang



Pengusaha yang khas dengan celana pendek dan kemeja putih ini menghadap Sang Khalik. Pria yang pernah menjadi sopir itu meninggal pukul 17.30 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah.

Banyak cerita yang membekas dari pengusaha nyentrik kelahiran 9 Maret 1939 dengan nama Bambang Mustari Sadino. Salah satunya adalah saran 'gila’ yang diperuntukan anak muda di Tanah Air. Ia menyebut bahwa untuk menjadi sukses itu tak harus jadi karyawan dan kalau ingin kaya harus bisnis sayuran.

Untuk mengenang pengusaha besar tanah air itu, berikut saran 'sinting` seorang Bob Sadino untuk anak muda di Indonesia, seperti yang dilansir merdeka.com.

1. Mau Sukses Jangan Jadi Karyawan.
'jika ingin bahagia (sukses), jangan jadi karyawan'. Itulah pesan Bob Sadino pada satu seminarnya yang diikuti oleh banyak karyawan. Sedikit kontrovesial memang. Tapi statement pria berambut putih itu membuat banyak orang untuk berpikir sejenak.

Tak ada yang salah dari statemennya. Dan tidak seutuhnya benar dari apa yang diutarakan. Semuanya balik lagi ke pribadi diri sendiri. Poinnya, untuk mencapai kesuksesan harus berani mengambil tindakan. Tetap di zona nyaman atau keluar dengan ide yang lebih matang.

2. "Kuliah itu bikin bodoh".
Sebagai orang yang bernaung dilingkungan akademisi, pernyataan Bob Sadino yang satu ini terdengar agak frontal. Ia mengatakan bahwa kuliah itu bikin bodoh dan menyarankan untuk tidak masuk kuliah.

Hal itu diutarakan dalam seminar. Pernyataan tersebut tentunya ditekankan bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis secara otodidak. Buat apa kuliah tinggi dengan jurusan teknik sementara bisnis yang dilakukan dalam bidang kuliner.

3. "IPK di atas 3 koma alamat calon karyawan".
Celotehan yang paling menarik dan menyentuh banyak orang yakni ketika pengusaha nyentrik itu menyebutkan orang yang lulus dengan IPK diatas 3 adalah calon karyawan. Jika dipikir, pernyataan itu benar adanya. Karena mereka yang punya IPK tinggi cenderung idealis untuk mengaplikasikan ilmunya. Hingga pada akhirnya mereka melamar sebagai karyawan.

Itu yang membuat Bob Sadino memberi saran pada anak muda. Menurut dia kalau mau sukses bisnis IPK harus jeblok. Karena dengan demikian tidak memiliki pilihan lain selain berwirausaha.

4. "Kuliah itu hanya memasukkan 'sampah' ke kepala Anda"
 
Kuliah itu memasukkan sampah ke kepala Anda. Itu salah satu saran "sinting" lainnya dari seorang Bob Sadino. Hal itu diungkapkan karena apa yang dipelajari itu tidak akan berguna, jika bercita-cita menjadi bisnisman sukses seperti om Bob.

Mengapa demikian? Kalimat itu terlontar karena Bob Sadino meniti karir bisnisnya dari nol dan mempelajarinya dari lapangan, dari pengalaman dan dari percobaannya sendiri. Makanya saat mempelajari sesuatu di bangku kuliah apa yang dipelajari itu kadang tidak dipakai.

Dia hanya berpesan "Jadilah manusia pembelajar". Jangan hanya dari bangku kuliah, tapi pelajarilah dari kuliah kehidupan yang Anda jalani.

5. "Kalau ingin kaya, bisnis sayuran".
Bob Sadino adalah orang cerdas. Saran yang satu ini tentu sangat menggelitik bagi orang awam. Namun ini gambaran seorang Bob Sadino adalah orang yang pintar. Merintis sebagai pengusaha sayur. Ucapan ‘Gila’nya berdasar atas apa yang ia lakukan. Dengan kesukseksan yang ia dapat dari bisnis sayuran. Dia mengajarkan apa yang dia lakukan, menunjukkan apa yang sudah dilalui.
 
Semoga bermanfaat,
 
 

Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Saran "Sinting" Bob Sadino untuk Anak Muda Agar Tetap Di Kenang ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Selasa, 20 Januari 2015. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites