Sabtu, 28 April 2012

Home » , » Persoalan BBM Njlimet

Persoalan BBM Njlimet

Tajuk Rencana - Persoalan BBM sangat sulit untuk dipecahkan. Tak hanya sekarang, sejak dulu masalah penetapan harga BBM selalu memantik ketidakpuasan.

mengapa kenaikan harga BBM selalu ditolak publik? padahal pemerintah selalu menginformasikan bahwa harga BBM utamanya premium di Indonesia jauh lebih rendah dari negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina. Sehingga wajar Indonesia menyesuaikan harga BBM ditengah meroketnya harga minyak dunia.

Namun alasan tersebut tetap tak menyurutkan protes masyarakat menolak kenaikan BBM. Masyarakat tetap menuntut agar pemerintah terlebih dahulu memberantas koruptor yang menggerogoti keuangan negara. Demikian pula pemerintah harus terlebih dahulu melakukan efisiensi anggaran dalam segala bidang.Artinya, menaikkan harga BBM untuk menutupi defisit anggaran adalah jalan terakhir setelah berbagai upaya pembersihan birokrasi dari tindak korupsi dan berbagai inefisiensi lainnya.

setelah ditolaknya kenaikan harga BBM oleh masyarakat yang diakomodasi oleh DPR dengan menunda kenaikan harga BBM, kini pemerintah mewacanakan pembatasan pemakaian BBM bersubsidi. Program ini pun tampaknya tarik ulur. Pemerintah rupanya setengah hati menjalankan opsi ini, walaupun komponen masyarakat utamanya mahasiswa tidak melakukan protes atas opsi tersebut.

Rencana membatasi pembelian BBM bersubsidi yang didasarkan pada besaran isi silinder kendaraan yakni 1500 cc keatas akan membuka peluang bagi pemilik kendaraan dengan cc dibawah 1500 menjadi pengecer BBM dadakan dan akan menjadi pemasok bagi kendaraan yang cc-nya lebih tinggi.

Demikian pula akan membuka peluang usaha baru bagi banyak orang untuk membuka kios dipinggir jalan. Kalau selama ini mereka melayani pengendara sepeda motor, kedepan ketika kebijakan diterapkan akan menjadi pelanggan kaum bermobil mewah. jadi lagi-lagi program pemerintah akan "dimentahkan" oleh masyarakat. 

Lalu apa yang mesti dilakukan oleh pemerintah untuk menekan defisit anggaran akibat kenaikan harga minyak dunia? Perlukah kenaikan harga minyak dilawan dengan menaikkan harga BBM?





Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Persoalan BBM Njlimet ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Sabtu, 28 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

4 komentar:

Lebih baik premiun ditiadakan; subsidi di alihkan ke pertamax nya aja..

yang penting berimbang ama penghasilan; gak apa2 deh naikin berapapun!! tul gak? :D

@Lapak Online Malang

Kalau subsidi dialihkan ke pertamax,bukannya tambah jebol keuangan negara kita?.....hehehe.

@Suhartono

Betul sekali mas bro :) jadi biar tidak hanya rakyat kecil saja yang terus menanggung akibat dari defisit anggaran negara.

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites