Selasa, 01 Mei 2012

Home » , , » Berdayakan Produktivitas Melalui Jejaring Sosial

Berdayakan Produktivitas Melalui Jejaring Sosial

Pemanfaatan jejaring sosial (social media) seperti facebook, twitter, atau LinkedIn dalam kegiatan bisnis bukanlah sekedar medium promosi. "Semestinya perusahaan menggunakan jejaring sosial sebagai bisnis sosial yaitu dengan memberdayakannya untuk produktivitas", kata Manajer Software Group IBM Indonesia, Nina K. Wirahadikusumah di Jakarta seperti dikutip dari antara.co.id.

Era bisnis sosial dimulai ketika semakin banyak organisasi atau perusahaan yang menganggap media sosial sebagai cara untuk menang persaingan dan meraih keuntungan. Salah satu cara meningkatkan produktivitas perusahaan dilakukan dengan mengadopsi model jejaring sosial untuk menjalin interaksi dengan karyawan (internal), pelanggan, dan mitra (eksternal).

Interaksi internal perusahaan tidak hanya memerlukan sistem yang mewadahinya, tapi juga memerlukan budaya komunikasi di dalam perusahaan. Sementara, interaksi eksternal perusahaan berarti perusahaan dituntut untuk lebih kreatif berkomunikasi dengan pelanggan atau mitra bisnis melalui model jejaring sosial.

Agar pelanggan tetap loyal, perusahaan dapat menghubungkan pesan-pesan di jejaring sosial dengan situs perusahaan melalui perangkat lunak khusus terutama pesan-pesan yang bersifat komplain.

Seperti kita ketahui saat ini penggunaan jejaring sosial dan internet oleh masyarakat Indonesia masih bersifat konsumtif. Seharusnya kita mengubah pola pikir bagaimana mengubah sikap konsumtif menjadi produktif. Karena itu harus dibangun berbagai wahana agar masyarakat kita bisa produktif dan kreatif didunia maya.

Upaya ini jelas sangat diperlukan agar Indonesia mendapat bagian keuntungan dari dunia maya yang berkembang semakin pesat. Selama ini kita tidak mendapatkan apa-apa, karena itu harus dipikirkan bagaimana Indonesia bisa mendapat bagian.

Sebagai contoh adalah pembuatan situs www.goesmart.com oleh e-Indonesia Initiatives Forum yang menggunakan jejaring sosial sebagai alat pencerdasan masyarakat. Kanal ini meminjam jejaring sosial mirip seperti facebook yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun, para pengguna memanfaatkan jejaring sosial ini untuk saling bertukar materi pelajaran sekolah dari SD sampai SMA.

Kita berharap semoga situs ini dapat menyandang misi sosial sehingga bisa diakses di tempat tertentu secara gratis oleh para murid dari kalangan tidak mampu yang terpaksa putus sekolah...........semoga!!!




Related Posts by Categories

Ditulis Oleh : Mad Buddy ~ Just Write

Artikel Berdayakan Produktivitas Melalui Jejaring Sosial ini diposting oleh Mad Buddy pada hari Selasa, 01 Mei 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

16 komentar:

mau coba daftar di goeSmart nih,,,,
maksih infonya,,,

jgn lupa di tunggu follbacknya yg ke #1011

@Aully

thanks sobat atas kunjungannya, salam kenal.

bener sob,budaya Indonesia yg konsumtif harus segera dirubah, khususnya dunia maya. org2 indonesia lebih dominan kepada style(gaya doank yg penting gauull,.,. hehhehe) namun tidak memaksimalkan dalam penggunaanya

wah boleh juga neh,info yang bagus

mantep infonya gan...terimakasih dah berkunjung...

visit support here.pls back

kunjungan perdana, salam kenal sob

@Avicenna 28

semoga kedepannya, bisa lebih dimanfaatkan secara maksimal jejaring sosial yang ada tersebut.

@loveheaven07

Thanks sobat atas kunjungannya.

@wage

sama-sama sobat, thanks juga mampir kesini.

@MR.W

Thanks my friend, I'll support you back.

@naturalzine

Thanks atas kunjungannya sobat, salam kenal juga.

please suport my blog... thanks

mampir malam Made, bukutamunya dimana sob? Btw, blog loadingnya berat Sob :)

ini memang bagus dan merupakan terobosan baru yang sudah semstinya dijalankan, oke terima kasih sobat, sebuah informasi pengetahuan yang bermanfaat, menambah wawasan yang luar biasa .terima kasih kawan
salam

@penyuluhan perikanan

terimakasih atas support commentnya sobat. salam.

Poskan Komentar

Jika anda suka dengan artikel ini jangan segan untuk berkomentar ya, Komentar anda sangat diperlukan untuk develop blog ini.

Kalo nggak punya URL, Google Acc, silahkan beri komentar sebagai: Anonymous. Terimakasih.

Photobucket
Silahkan untuk menambahkan LINK Blog anda dibawah ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites